Wednesday, April 18, 2018

Membahas Arti dan Fungsi dari Lagu

Membahas Arti dan Fungsi dari Lagu 

Arti Lagu Rohani Indonesia - Lagu merupakan gubahan seni nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal (biasanya diiringi dengan alat musik) untuk menghasilkan gubahan musik yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan (mengandung irama). Dan ragam nada atau suara yang berirama disebut juga dengan lagu.

Lagu dapat dinyanyikan secara solo, berdua (duet), bertiga (trio) atau dalam beramai-ramai (koir). Perkataan dalam lagu biasanya berbentuk puisi berirama, namun ada juga yang bersifat keagamaan ataupun prosa bebas. Lagu dapat dikategorikan pada banyak jenis, bergantung kepada ukuran yang digunakan.

Nyanyian adalah syair yang dilafalkan sesuai nada, ritme, birama, dan melodi tertentu hingga membentuk harmoni. Nyanyian sering juga disebut sebagai lagu yang berarti gubahan seni nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal (biasanya diiringi dengan alat musik) untuk menghasilkan gubahan musik yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan (mengandung irama). Dan ragam nada atau suara yang berirama disebut juga dengan lagu.

Bernyanyi adalah melafalkan syair sesuai nada, ritme, dan melodi tertentu hingga membentuk harmoni.

Fungsi Musik

Fungsi Musik adalah satu hal yg tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia. Musik adalah rekan kita waktu melakukan aktivitas, dimana dengan musik bisa memberi kenyamanan dan dapat menaikkan semangat kita dalam lakukan beragam kesibukan keseharian, walau kegiatan itu termasuk berat serta cukup menjemukan. 

1. Jadi media untuk mengekspresikan emosi serta situasi hati seorang 

Musik adalah satu bentuk karya seni yang di dalamnya ada himpunan serasi suara yang terkecuali enak untuk didengarkan dapat juga memberi kesan yang indah yang dapat menggugah serta mengantarkan seorang pada kesadaran yang penuh serta dalam. Alunan musik bisa punya pengaruh pada situasi hati ataupun emosi seorang. Mereka yang semula mempunyai situasi hati yang kurang baik atau mereka yang tengah dalam kondisi yang emosional dengan diperdengarkan musik akan menolong menyebabkan rasa relaksasi. Lewat rangsangan ritmis dari alunan musik bisa menyebabkan beragam reaksi psikologis seorang, seperti : 

Bisa menyingkirkan stres 
Bisa menolong menangani kecemasan 
Melakukan perbaikan mood (situasi hati) 
Bisa menyebabkan perasaan-perasaan yang positif hingga kita dapat senantiasa berpikir optimis 
Bisa menyebabkan perasaan tenang serta kenyamanan. 
Dapat menumbuhkan perasaan spiritual 

2. Jadi media dalam terapi pengobatan 

Dari hasil study yang dikerjakan oleh beberapa peneliti yang datang dari Brunel University serta Queen Mary University of London pada sekitaran 7000 pasien temukan kalau dengarkan musik dapat kurangi rasa sakit yang dihadapi pasien itu. Beberapa pasien itu relatif mempunyai kenikmatan, meminimalisir kekhawatiran serta kecemasan pada hasil operasi dengan dengarkan musik. Menurut Catherine Meads, ketua penulis study itu menyebutkan kalau “Mendengarkan musik aman dikerjakan, intervensi murah non-invasif yang perlu ada untuk kebanyakan orang yang melakukan operasi. ” 

3. Jadi media penunjang kesehatan badan 

Fungsi musik untuk kesehatan juga tidak kalah banyak. Campbel sempat menyebutkan kalau ritme-ritme yang ada dalam satu musik bisa hasilkan stimulan yang dapat memengaruhi system metabolisme didalam badan manusia. Sistem itu diawali saat stimulan yang ada pada musik itu di tangkap oleh indera pendengaran yang lalu juga akan lewat sistem pemrosesan pada system saraf serta kelenjar otak yang dapat mereorganisasikan interpretasi dari bunyi-bunyian jadi ritme internal pendengaran. Berikut yang selanjutnya memengaruhi system metabolisme badan manusia untuk bekerja lebih maksimal dalam rencana hasilkan system kebal badan yang kuat. Dengan system kebal yang kuat, jadi badan akan terlepas dari beragam serangan penyakit beresiko. 

Hasil study yang dikerjakan oleh Brunel University, London Barat tunjukkan kalau musik bisa menolong tingkatkan ketahanan badan sekitaran 15%, tingkatkan semangat serta efisiensi daya sekitaran 1 sampai 2 persen. 

4. Jadi media untuk tingkatkan intelegensi seorang 

Ritme-ritme suara yang ada pada musik dapat lakukan rangsangan pada otak manusia, dimana manusia mempunyai sisi otak samping kanan terkait dengan kecerdasan, perubahan artistik serta kreativitas, bahasa, musik, imajinasi, warna, pengenalan diri, sosialisasi, dan pengembangan kepribadian. Begitu hal semacam ini bisa tingkatkan fungsi kemampuan otak jadi lebih maksimal. Musik jazz umpamanya, dimana genre musik jazz sudah diakui dapat memengaruhi perubahan saraf-saraf otak (baik kanan ataupun kiri). Ritme teratur yang dibuat genre musik ini dapat bertindak dalam pematangan otak kiri serta kanan serta dampak yang dibuat dalam sistem itu yaitu munculnya perasaan, emosi, persepsi, ekspresi, dan kesadaran yang baik. 

Dampak nyaman serta tentram yang dibuat dari alunan musik juga akan dapat buat otak kita bekerja lebih sempurna serta lebih maksimal, hingga begitu akan punya pengaruh positif pada : 

  • Kekuatan berpikir yang lebih jernih serta tajam.
  • Turunkan kemungkinan Alzheimer (kepikunan). 
  • Bisa tingkatkan kekuatan berbahasa.
  • Tingkatkan kreativitas.
  • Bisa tingkatkan daya ingat serta konsentrasi seorang.

5. Jadi media komunikasi dalam jalinan sosial bermasyarakat 

Musik adalah bahasa universal yang dapat membuat perdamaian, solidaritas kemanusiaan, dan bisa menggabungkan ada sebagian ketidaksamaan. Hal semacam ini akan mensupport terwujudnya satu media komunikasi diantara sesama manusia. Musik sudah jadi bahasa pergaulan dan media komunikasi dalam kehidupan manusia, walau mereka datang dari bangsa yang tidak sama. Musik adalah media komunikasi dapat lebih gampang dipahami, walau kita tidak mengerti bahasa dari musik yang kita dengarkan. Contoh riil yang dapat kita peroleh dari musik jadi media komunikasi yaitu musik dapat mewakili perasaan yang menginginkan kita berikan pada orang yang lain, umpamanya ungkapan rasa rindu, rasa cinta, rasa kecewa, serta beda sebagainya. 

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright (c) 2010 Arti Lagu Rohani Indonesia. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.